Home » , , » MEMAKNAI TAHUN BARU

2
Sahabat
MEMAKNAI TAHUN BARU

Oleh: Khairul Umam*

Saat ini kita telah memasuki  tahun 2011 Masehi.  Bulan yang bersejarah bagi orag Kristen, yaitu bulan januari.  Bulan  yang terkait dengan lahirnya yesus kristus atau Isa al-masih. Al-masih sendiri diambil dari kata masehi. Sehingga agama Kristen sering disebut agama masehi. Masa sebelum yesus lahirpun disebut tahun sebelum masehi. Tahun baru masehi ini sudah lama menjadi tradisi sekuler yang menjadikannya sebagai hari libur umum nasional untuk semua warga dunia.
            Sudah menjadi tradisi yang cukup kental bagi semua warga dunia, bahwa pergantian tahun baru masehi identik denga perayaan yang berlebih-lebihan. Misalnya dengan hura-hura, bergadang semalaman, tiup terompet, pesta kembang api, dan sebagainya. Semua itu tidak serta-merta didapat atau dilakuka secara cuma-cuma. Tapi dengan mengeluarkan biaya dan tenaga yang cukup banyak. Mereka rela bekorban demi tercapainya sebuah kepuasan nafsu yang datangnya dari syaitan yang tidak diridhoi Allah, yang pada akhirnya kerugian yang didapatkan.
            Sekedar contoh, pada malam menjelang pergantian tahun baru rata-rata pemuda-pemudi bebondong-bondong pergi ke tempat hiburan,  klub malam, nonton bersama di bioskop, berpestaria dan sebagainya. Nah, perbuatan seperti ini lekat dengan hal-hal yang sifatnya hura-hura, sebuah prilaku yang bisa jatuh pada kriteria  sia-sia. Karena tidak dapat mendatangkan kemanfaatan. Tentu saja hura-hura seperti ini dekat dengan kemaksiatan. Selain itu, kerap sekali membutuhkn biaya yang tidak sedikit. Bagi seorang  muslim, aktivitas seperti ini tidak ada manfaatnya. Karena tergolong perbuatan yang sia-sia dan termasuk pemborosan.

            Namun realita  sekarang,  pemuda-pemudi tidak mau berpikir mendalam tentang hal itu.  Mereka berdalih tidak mau membiarkan tahun kemarin berlalu begitu saja tanpa adanya unsur kebahagiaan yang didapat. Di sanping itu juga, mereka ingin memberikan sambutan yang hangat  dengan datangnya tahun baru.
            Fenomena  seperti ini sudah menjdi tradisi umum. Tidak pandang bulu, baik  laki-laki, perempuan, tua, dan muda. Semua terlibat dalam perilaku yang tidak bermanfaat ini.
            Kita sebagai muslim, tidak boleh memperingatinya.  Karena yang pertama, merayakan tahun baru masehi dengan berlebih-lebihan itu tidak ada manfaatnya. Dalam  hadits hasan yang diriwayatkan oleh tirmidzi dan yang lainnya, dijelaskan bahwa  Rasulullah SAW bersabda,”  di antara (ciri) sempurnanya keislaman seseorang adalah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat baginya.” Termasuk  di sini adalah merayakan pergantian tahun.
            Sedangkan yang kedua adalah, karena perayaan tahun baru ini termasuk rangkaian kegiatan hari raya orang-orang  kafir yang sifatnya glamour, foya-foya,  dan melampaui batas. Hal ini  hanya pantas dilakukan oeh orang-orang berpaham materialisme. Adapun Islam tidak pernah mengajarkan prilaku seperti ini.

 Semangat baru
            Maka dari itu, di tahun baru ini tidak usah kita merayakannya. Jadikan tahun baru sebagai ajang perbaikan diri. Cukup bagi kita memperbaharui lembaran-lembaran suram kehidupan kita, menuju lembaran-lembarn kehidupan yang lebih baik. Jangan biarkan tahun 2010 berlalu begitu saja tanpa adanya perubahan yang positif. Justru dengan datangnya tahu baru ini, segala aspek dalam kehidupan kita harus berubah juga. Dengan adanya tahun baru, mestinya  semangat juga baru. Belajar semakin giat dan  amal sholeh juga  kita  tingkatkan. Kita raih masa depan yang kita harapkan. Kita tinggalkan masa lalu yang telah berlalu. Biarlah ia menjadi kenangan. Lakukanlah apa yang bisa kita lakukan sekarang, karena waktu kita adalah  di saat kita berada pada waktu itu. Wallahua’lam bisshowab.



*) Penulis merupakan anggota Asosiasi Penulis Islam (API) STAIL

Bookmark and Share

2 komentar:

Dhana/戴安娜 mengatakan...

Salam sahabat memaknai dalam arti yg mencakup sangat luas sertakan memberikan sebuah ilham menyikapi tahun yg berganti terima kasih sangat bermanfaat

Zanck mengatakan...

seek the new living with Allah's mercy and blessing..

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Photobucket Photobucket Photobucket